Senin, 16 Mei 2011

BIKIN BLOG YUK..!!!! (Bagian 1)

Hari ini aku senang sekali karena ada beberapa temanku yang menanyakan tentang Blogku ini, soalnya kami anak-anak kelas IV (terutama yang perempuan) sedang senang membuat karangan, baik itu berupa cerita karangan maupun cerita berupa curhat. Aku bilang aja, yuk bikin blog aja seperti puyaku. Emang blog itu apa Put? … wah, bingung juga aku jawabnya, aku jadi pengen cepet-cepet pulang buat nanyain ke guru privatku ..”Mama…help me, please……!”

Apa itu Blog ? Blog adalah singkatan dari Web log. Kalau kita sering melihat website ataupun situs di internet, maka blog adalah salah satu jenisnya. Apa sih gunanya blog dan kenapa orang membuat blog? Blog itu biasanya merupakan website/situs pribadi yang ditulis berdasarkan urutan tanggal pembuatan/penerbitan tulisan.   Biasanya orang memiliki blog untuk mengekspresikan drinya dalam sebuah catatan harian. Kalau kita sering menulis diary, maka blog itu bisa menjadi diary elektronik.  Blog sering dijadikan tempat untuk saling bertukar cerita tentang suatu hal.

Biasanya orang membuat blog berdasarkan  hobi/minat terhadap sesuatu. Ada blog tentang makanan ataupun aneka resepnya, blog tentang kesehatan, blog tentang curhat da lain-lain. Melalui blog, kita bisa bertemu dengan orang-orang yang mempunyai minat yang sama. Biasanya, antara sesama pemilik  blog, sering saling membaca dan memberikan komentar terhadap tulisan pada blog yang dikunjungi. Kegiatan saling membaca blog teman dan memberikan komentar, itu dinamakan blogwalking.

Kemajuan dan kemudahan teknologi internet membuat banyak orang yang menggunakannya untuk mengembangkan dirinya maupun untuk berbisnis.  Membuat Blog di internet sangatlah mudah dan adapula gratis.  Penyedia layanan pembuatan blog gratis diantaranya adalah SITUS BLOGGER, dengan alamat website penyedia layanan : http://www.blogger.com. Situs ini pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs, tetapi kemudian dibeli oleh Google. Alamat yang akan menjadi alamat blog kita jika menggunakan situs ini akan menjadi http://www.namablogkita.blogspot.com

Supaya tidak terlalu bingung membaca penjelasan tentang Blog ini, maka Tulisan tentang ini akan terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :
1.      1.  Apa Itu Blog dan Apa kegunaannya (Bagian 1)
4.       4. Mengenal dan merubah desain Blog sederhana (Bagian 4)

Oke deh, cukup untuk bagian pertama ini. Sampai jumpa besok untuk Bagian kedua ya….
See You Tomorrow, ilalliqoo ….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar