Jumat, 20 Mei 2011

MUHAMMAD YAHYA HARLAN PENCIPTA SITUS SALINGSAPA.COM


Assalamu’alaikum semuanya…. Dan SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL 2011
Aku mau menepati janjiku   pada tulisanku terdahulu, yaitu …. .Aku akan menceritakan salah satu sosok anak bangsa yang sudah berprestasi. Dia adalah Muhammad Yahya Harlan. 
Apa sih prestasinya ?
Muhammad Yahya Harlan (kelahiran 25 Juli 1998 ) adalah nama seorang anak pencipta situs ala Facebook yang saat ini bersekolah di Sekolah Alam Bandung, Jawa Barat  kelas 7A (1 SMP). Ia menamai situs ciptaannya dengan nama salingsapa.com
Pada awalnya Yahya yang memang sudah mengenal teknologi internet sejak ia masih kecil dari ayahnya, Iyan Harlan yang juga merupakan pekerja dan praktisi IT di sebuah call centre di Jakarta.  Perlu perjuangan keras dalam mewujudkan keinginannya, yaitu menciptakan situs jejaring social dengan nuansa islami, maka ia memulainya dengan mencari fitur-fitur islami deangan sang ayah. Di halaman depan, pengguna internet akan dibuka dengan gambar symbol dari umat muslim.

Didalam menu-menu pilihan juga terdapat menu yang berasal dari ide/keinginannya untuk membuatnya lebih islami.  Menu yang ada antara lain : Home(depan), browse, news feed, blog, video, Al-Qur’an dan Radio Saling Sapa. Ia membuat fitur Khazanah dan Al-Quran.  Dua fitur ini belakangan ternyata banyak digandrungi oleh penggunanya.  

"Di fitur Khazanah, pengguna bisa mendengarkan ceramah-ceramah darai banyak ustad. Sedangkan di fitur Al-Quran, user bisa membaca Al-Qurang dari Juz 1 sampai 10, lengkap juga dengan terjemahannya. Atau hanya untuk mendengarkan ayat-ayat Al-Quran, juga bisa diklik di fitur ini," terang siswa yang hobi mengotak-atik komputer dan main gitar ini. Sedangkan di  fitur radio, kita bisa diperdengarkan radio selama 24 jam. Dan fitur-fitur lainnya yang hampir sama dengan jejaring sosial umumnya seperti wall (dinding), foto, teman, dan lain-lain.

Hanya saja,ujar Yahya, ia harus bekerja ekstra dengan sang ayah untuk memantau jejaring sosialnya sekaligus menghapus user yang mencoba memasukan content-content negatif ke Salingsapa.com.  Sejak  awal pembuatannyapun  Yahya dan ayahnya telah bekerja keras dengan mendisiplinkan waktu setiap hari selama kurun waktu kurang lebih 6 bulan. Yahya mengerjakan proyeknya itu pada pukul 17.00 s.d. pukul 21.00 setiap hari (Yahya bersekolah di fullday school), saat itu ia masih berumur 11 tahun.

"Kendala lainnya server yang kurang kuat. Server kita kecil sekali, padahal harus menampung pengguna yang semakin banyak untuk bergabung di Salingsapa.com," kata siswa yang berniat ingin membuat game edukasi bernuansa Islami ini. 
Pada awal peluncurannya banyak yang meragukan keaslian situs ciptaannya.  Banyak yang menuduhnya ‘bohong besar’ ataupun meniplak (plagiat) program orang lain.  Dari awal Yahya dan ayahnya memang menegaskan bahwa mereka mengembangkan sebuah program dari sebuah perusahaan pengembang software (Piranti lunak) yang telah mereka beli lisensinya yaitu J.Cow. Dalam kesempatan berbincang dengan detikINET, Yan Harlan, ayah dari Muhammad Yahya Harlan menjelaskan permasalahannya.
“Memang itu dari CMS tertentu, tapi kita beli lisensinya. Dan dalam aturannya, kalau kita beli lisensinya kita diberi kebebasan untuk mencantumkan atau tidak,” katanya Minggu, (13/2/2011) malam. Dalam aturan lisensi di JCow, saat ditelusuri detikINET, memang disebutkan bahwa kata-kata ‘powered by JCow‘ boleh dihilangkan bagi mereka yang membeli lisensi piranti lunak ini. Sumber : Detik

Teman-teman semuanya… betapa mengagumkannya sosok teman kita yang satu ini. Dalam usia yang masih muda, tetapi sudah mau belajar dan bekerja keras mewuudkan keinginannya. Mudah-mudahan sosok AA Yahya ini bisa menjadi pendorong semangat kita untuk lebih giat belajar.  Apapun cita-cita kita, harus kita wujudkan dengan mulai belajar sejak kita sekolah saat ini. Kalau masih penasaran, ikutan aja di salinsapa.com dan mulai berkenalan dengan teman-teman baru dalam nuansa chating yang islami dan kalau ingin berkenalan dengan Muhammad yahya harlan, bisa klik : disini
Sampai jumpa di salingsapa.com dengan akun: putriazzahras@gmail.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar