Kamis, 15 September 2011

TWITTER ...... OH TWITTER ...........




 
 @PutriAzzahraS


Assalamu’alaikum semuanya…. Ketemu lagi nih sama Putri.  Udah lama juga ya ngga posting di blog.  Banyak juga sih tulisan yang mau aku posting, tapi… masih dalam bentuk corat-coret di kertas.  Aku memang suka rada2 malas buat ngetik.  Kalau di kertas, dimanapun aku berada, aku biasanya bisa langsung untuk mencorat-coret tulisan ataupun gambar.

Kali ini aku mau membahas tentang TWITTER, yaitu salah satu jenis jejaring sosial yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk saling berkomunikasi.   Sama halnya dengn FB (=facebook), pengguna twitter juga banyak, hanya saja bentuk komunikasi twitter lebih sederhana dan praktis karena hanya berupa kalimat singkat.





SEJARAH TWITTER (http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter)

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan[3] (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.

Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.

Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".





ISTILAH-ISTILAH DALAM TWITTER

Pertama kali menggunakan twitter, aku merasa banyak bahasa-bahasa aneh yang sulit untuk dimengerti, bahkan sampai saat ini. Itulah makanya aku sendiri sebenarnya jarang menggunakannya selain karena teman-temanku lebih banyak yang menggunakan FB. Karena penasaran, makanya aku coba cari tahu istilah-istilah yang aku temukan di twitter, arti dan pengggunaannya.

Tweet, adalah sebutan untuk updates status Twitter. Misal, aku hari ini ngeTweets bla bla bla..... atau "menurut kalian kemarin ulangan matematika susah ngga…." dan lain sebagainya.

RT atau ReTweet, adalah pengulangan tweet. RT biasanya digunakan apabila, tweet yang akan di RT dirasa penting, menarik atau pantas untuk di RT. Misalkan, tweet aku yang tadi dibaca oleh salah satu temanku dan dia merasa ingin ikut berkomentar/menanggapi.  Maka dia akan men-RTnya dengan kalimat “RT@putriazzhras waduuh susah banget, padahal aku udah belajar kemarin”, dan biasanya akan terus disambung oleh teman pengguna yang lain. Jika banyak yang menanggapi, maka akan jadi Trending Topic.




Trending Topic, adalah topik yang sedang banyak dibicarakan pemakai Twitter pada saat ini (real time). Trending topic dari pengguna Indonesia yang pernah ngetrend di Twitter adalah justin bieber (waktu JeBe akan konser di Indonesia) serta mbahsurip (meninggalnya mbah surip).


Followers, adalah pengguna Twitter yang mengikuti kita. Atau yang menfollow Anda. Dalam artian, telah menambahkan (add) Anda sebagai teman dan akan menerima updates status Twitter Anda

Following, adalah pengguna Twitter yang kita ikuti. Dan kita akan menerima updates status dari dia.

Reply, adalah balasan yang ditujukan pada seseorang secara spesifik. Misalnya, aku mau menanyakan atau menyapa teman yang kita tuju secara langsung menyebutkan nama penggunanya. Contoh: ” hai @tsabitaph, lagi ngapain ?” polanya harus menggunakan tanda "@" di depan "username" untuk replay atau bertanya atau menyapa ke penggunanya langsung. Maka tweets aku  akan masuk ke replay (mention) ke pengguna @tsabitaph


Favorites, adalah Tweet yang disimpan karena disukai atau merasa Tweet tersebut penting

Direct Message atau DM, semacam kayak email namun dengan ala Twitter. Pesan langsung secara personal ke tweeple yang bersangkutan

Tweeple, sebutan untuk penguna Twitter. Sering juga disebut Tweeps.

Hash Tags (#), ditambahkan di depan topik tweets supaya pengguna twitter lainnya dapat mencari topik yang serupa. Misalkan, beberapa waktu yang lalu terdapat hash tag dari tweeple Indonesia yang cukup ramai, yakni tentang #pengakuan. Jika Anda ingin mengeTweets tentang pengakuan, tuliskan kata "pengakuan" dan ditambah dengan tanda "#" di depankata pengakuan tadi. Misalkan, "#pengakuan pulau Indonesia oleh Negara tetangga". Dan jika ada tweeple yang search dengan keyword #pengakuan, tweets Anda akan ada di list search result

Overhead (OH), adalah menuliskan tweet kepunyaan user lain tanpa ingin mencantumkan siapa pemiliknya. Polanya adalah, "OH" + "tweet"

Heardtrough (HT), adalah tweet yang dituliskan berdasarkan perihal yang terjadi sesungguhnya di dunia nyata. Polanya "HT" + "tweet"

Masih ada banyak beragam istilah Twiter yang aku temukan, dan selalu ada istilah istilah baru. Jika teman-teman da yang ingin menambah aku akan sangat berterima kasih sekali, semakin menambah wawasan tentang Twiter.



Buat teman-teman yang belum mempunyai akun Twitter, aku juga akan mengulas tentang “Bagaimana cara membuat akun Twitter” pada tulisanku selanjutnya… sampai jumpa !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar