Sabtu, 25 Juni 2011

HAFLAH IMTIHAN SD ISLAM AL-GHOZALI PURWAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011




Hari ini adalah hari pelaksanaan Haflah Imtihan SD Islam Al-Ghozali Purwakarta Tahun Ajaran 2010/2011.  Seperti pada pelaksanaan Haflah Imtihan tahun-tahun sebelumnya, acara ini dilaksanakan di  Gedung Sekolah SD Islam AL-Ghozali.


 
Pada acara ini akan ditampilkan aneka kreasi santriwan dan santriwati yang tergabung dalam kegiatan Ekstrakulikuler masing-masing. Didepan tenda acara, para tamu disambut dengan Pondokan Degung yang disajikan dan dimainkan langsung oleh para Santri Grup Degung.  Dan disampingnya juga terdapat Stand Buku-buku Islami .
 
Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan dipandu oleh dua orang MC.  Dimulai dengan pembacaaan ayat suci Al-qur’an dan terjemahnya oleh santri kelas  4.  Lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang diselingi oleh kreasi santri kelas 1 dan 2. Dalam acara ini juga dilakukan pembacaan prestasi yang telah diperoleh oleh para santri sepanjang tahun ajaran 2010/2011, baik itu prestasi di sekolah, maupun di luar sekolah. Banyak sekali piala yang terpajang didepan panggung yang akan dibagikan kepada para santri yang berprestasi.
 
Aku dan teman-teman sangat senang melihat tari-tarian yang dibawakan oleh adik-adik kelasku di kelas 1, 2 dan 3.  Kelas 4 sendiri menampilkan demo permainan organ/piano secara langsung, permainan pianika, dan grup degung penyambut tamu.  Ada juga permainan angklung, peragaan busana serta PIDATO TIGA BAHASA yaitu bahasa ARAB, INGGRIS dan SUNDA yang dibawakan secara bergantian.
 
 Yang paling berkesan menurutku adalah ketika disajikan “Praktek Sholat Jenazah” oleh para santri Kelas 3.  Dengan adanya praktek sholat jenazah ini, kami para santri dan para orang tua santri yang menyaksikan diingatkan kembali untuk selalu rajin beribadah.  Suasana haru dan kagum mengiringi peragaan sholat jenazah ini.  Bagaimana tidak, dizaman sekarang ini, banyak orang yang mengaku dirinya muslim tetapi tidak tahu akan tahu tata cara sholat jenazah.  Mereka hanya tahu tradisi melayat tanpa merasa perlu untuk memberikan do’a yang sesungguhnya dengan sholat jenazah.

 
 Ada juga demo “Tahfidzul Qur’an” oleh santri kelas 4 dan 5 yang membuat para penonton kagum. Dibacakan juga siswa-siwa  berprestasi “the BIG THREE” tiap-tiap kelas. Kami bertepuk tangan memberikan semangat kepada mereka yang berprestasi. 
Sedih juga sih, soalnya aku tidak mendapatkan piala, hu…hu…hu… . Tapi ngga apa-apa lah, dulu waktu kelas 1 aku juga pernah Rangking  1 di kelas, dan dapat piala bergilir…tapi sekarang sudah berpindah tangan kepada Rangking 1 yang baru.
Acara-acara terakhir adalah pembacaan daftar wisudawan-wisudawati tahun ajaran 2010/2011 yang diiringi dengan persembahan lagu-lagu dari wisudawan/wati. Penyematan medali untuk wisudawan/wati dimulai dengan acara penyematan secara simbolik oleh Bapak Kepala YAYASAN IQRO PURWAKARTA dan Ibu Kepala SD Islam Al-Ghozali.  Para wisudawan/wati dan orang tua mereka merasa sangat terharu ketika acara ini.
Setelah acara imtihan ini, dilanjutan dengan pembagian Rapot di kelas masing-masing.  Aku sendiri langsung pulang ke rumah bersama adik-adikku karena sudah terlalu lelah sejak pagi di sekolah.  Rapotku dan adik diambilkan oleh mamah. 

Aku sangat senang, karena nilai-nilai dirapotku banyak mengalami peningkatan.  Akhirnya aku bisa berliburrrrr…… aaah, senangnya……. Sampai jumpa di tahun ajaran baru ya..!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar