Kamis, 23 Desember 2010

SD ISLAM AL-GHOZALI (FULL DAY SCHOOL) PURWAKARTA








Nama Sekolah : SD Islam Al-Ghozali
Alamat Sekolah : Jl. Ibrahim Singadilaga No.36 (Koncara) Purwakarta 41115
Lembaga : Yayasan IQRO Purwakarta

Kepala Yayasan : Bapak Drs. Tatang Abdurrahman

Kepala Sekolah : Ibu Entin Wartini, S.Ag

SD Islam Al-Ghozali adalah sekolahku tercinta. Sudah lama aku ingin menulis tentang sekolahku ini.  Hari ini adalah hari pertama aku liburan semester 1, jadi aku punya banyak waktu untuk mengetikkan hasil corat-coret tulisan tentang sekolahku.Tulisan ini jangan dijadikan sumber referensi ya, soalnya aku hanya menuliskan hal-hal yang aku tahu saja tentang sekolahku ini.


Aku sangat senang sekali bersekolah di SD Islam Al-Ghozali Puwakarta. Banyak hal-hal yang menyenangkan kualami bersama  teman-teman selama aku bersekolah di sana. Sebelumnya aku juga bersekolah di TK Islam IQRO Purwakarta, yang masih satu Yayasan dengan SD ini.


Kegiatan rutin yang menjadi ciri khas SD Islam Al-Ghozali Purwakarta ini adalah kegiatan yang menunjang kami untuk lebih giat beribadah kepada Allah SWT. Diantaranya, tadarus (mengaji) setiap hari sebelum belajar, Sholat Duha di sekolah, Shalat dzuhur berjama'ah setiap hari plus ceramah dari para santri secara bergiliran, dan yang paling khas  (menurutku sih, soalnya harus diisi setiap hari...) adalah BUKU JIHAD.
Apa itu Buku Jihad? yaitu buku catatan aktifitas santri /siswa yang berisi tentang kegiatan sholat 5 waktu, tadarus dan kegiatan lain yang dialami santri setiap hari. Misalnya, kalau hari sabtu, khan libur sekolah, maka sholat dzuhur diisi di rumah dilakukan jam berapa? trus kalau tadarus dari ayat berapa sampai ayat berapa, gitu loh...juga kalau ada sesuatu hal istimewa terjadi, misalnya tamat baca al-Qur'an bisa juga kita tuliskan di catatan. Kadang-kadang aku merasa bosan juga kalau harus mengisi buku ini, tapi akhirnya aku menjadi rajin beribadah karenanya.

Pada awalnya aku sholat juga kadang-kadang karena malu kalau harus mengisi buku jihad "tdk sholat", padahal suka agak malas.  Tapi lama-kelamaan aku jadi terbiasa. Apalagi di sekolah Bapak dan Ibu Guru tidak pernah lupa megingatkan kami untuk selalu melaksanakan sholat 5 waktu dan berakhlak baik. Aku juga pernah terkena hukuman oleh Guru karena buku jihadku ketinggalan, yaitu bersih-bersih dengan santri lain yang juga tidak membawa ataupun buku jihadnya tidak ditanda tangan orang tua.

Selama bersekolah disini banyak kegiatan santri yang merupakan kegiatan ekstrakulikuler (ekskul) yang kulihat, diantaranya ; kegiatan agama (pidato, khot/kaligrafi), seni (tari, menggambar, menyanyi), Olah raga (Futsal, renang, kasti, voli, badminton), Beladiri (Karate), Klub Pelajaran (Sains, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika), dan lain-lain. Kami bebas memilih kegiatan yang kami sukai. Aku sendiri ikut ekskul Badminton dan Matematika.


Disekolahku juga sering diadakan kegiatan kunjungan luar yang menunjang pelajaran berupa kunjungan ke tempat-tempat yang masih ada kaitannya dengan pelajaran, seperti ke Little Farmer, Wanayasa, Bandung, Jatiluhur, Plered dan juga kegiatan outbond untuk refreshing. Dan ada juga piknik/rekreasi.


Terima kasih aku ucapkan kepada Bapak dan Ibu Guru yang selalu membimbing kami di sekolah.  Kepada Bapak dan Ibu Guru serta teman teman semuanya aku ucapkan Selamat Berlibur. Sampai jumpa lagi di tahun 2011.......I Love SD Islam Al-Ghozali Purwakarta... ALWAYS !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar