Kamis, 06 Januari 2011

GADIS UMUR 10 TAHUN PENEMU SUPERNOVA TERMUDA


Ledakan Supernova dalam simulasi 3 Dimensi
Rabu sore, ketika aku sedang asyik “chat” dengan teman di Facebook, tiba-tiba mama memanggilku dari ruang TV. Rupanya mama sedang menonton berita di Liputan 6. “Ada apa ma?”, tanyaku penasaran. “Coba lihat deh, ada anak gadis berumur 10 tahun yang menjadi penemu bintang Supernova”, kata mama. “Apa sih supernova itu ?”, tanyaku penasaran. “Udah, Googling aja …”, jawab beliau.

Esoknya akupun mulai mencari tahu, apa itu supernova. Salah satunya kudapat dari
http://fisika-smp.blogspot.com/2011/01/penemu-supernovaanak-anak-10-th.html   :
 
Seorang gadis asal Kanada berumur 10 tahun menjadi penemu termuda sebuah supernova atau bintang yang meledak, demikian menurut Asosiasi Astronomi Royal Kanada (RASC).Gadis bermata tajam bernama Kathryn Aurora Gray dari Fredericton di provinsi timur New Brunswick itu menemukan sesuatu yang langka pada Minggu lalu sewaktu dia menyisir puluhan hasil pencitraan konstelasi bintang secara teleskopik di galaksi yang sangat jauh.

"RASC dengan senang mengumumkan penemuan sebuah supernova oleh seorang ahli astronomi amatir berumur 10 tahun sehingga menjadi yang termuda yang dapat menemukan supernova," kata asosiasi itu dalam pernyataannya.

Sewaktu mengamati supernova 2010lt di rasi bintang Camelopardalis di galaksi yang berjarak 240 tahun cahaya dari bumi, Gray segera memberitahu ayahnya yang merupakan ahli astronomi amatir yang bernama Paul.


Penemuan itu kemudian dibuktikan oleh dua ahli astronomi Amerika Serikat sebelum dilaporkan kepada Badan Pusat Gabungan Astronomi Internasional bagi Telegram Astronomi.
Supernova merupakan bintang raksasa yang kehabisan bahan bakar dan hancur akibat beban dari gravitasinya sendiri dan menjadi objek yang sangat padat yang dikenal sebagai bintang neutron.

Kemudian mereka mengeluarkan gelombang kejut yang meledakkan bintang tersebut dan menghasilkan lingkaran radiasi yang bergetar. 

Kejadian luar biasa itu merupakan fenomena yang sangat menakjubkan bagi para ahli perbintangan dan dapat diketahui ketika ledakan bertenaga besar menciptakan cahaya yang dramatis yang pada akhirnya memudar.

Sebetulnya, banyak bahasa ataupun istilah yang tidak kumengerti dari uraian diatas.
Tapi pada dasarnya yang bikin aku tertarik adalah, GADIS 10 TAHUN MENJADI PENEMU BINTANG, Kok Bisaaaa?? Hebat sekali gadis itu. Aku jadi ingin kenalan , he….
Umurku juga 1 bulan lagi 10 tahun, tapi…he..he.. aku malu. Jangankan jadi penemu, belajar aja masih harus sering diingatkan mama. Kalo dia teman FBku udah aku kasih jempol 100x. Aku jadi lebih semangat untuk belajar. Ternyata belajar itu bisa mengasyikkan jika kita senang. Seperti Kathryn tadi, karena dia suka mengamati bintang, secara tidak langsung dia juga belajar. Kalau masih penasaraaaaan, cari tahu lagi yaaa...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar