Sabtu, 08 Januari 2011

GANTUNGKAN CITA-CITAMU SETINGGI BINTANG DI LANGIT

P

Kita sering mendengar ataupun diberikan pertanyaan, “Cita-cita kamu apa?”. Apa itu cita-cita ? Kita sering mendengar dari orang dewasa bahwa cita-cita itu adalah jika besar nanti kamu ingin menjadi apa? Kalau kita sedang berkunjung atau bertemu dengan sanak famili dan bertanya tentang sekolah, ujung-ujungnya pasti menanyakan “cita-cita kamu apa?”
Cita-cita itu bisa juga dari keinginan kita karena  senang melakukan sesuatu (hobi). Misalnya, jika sejak kecil kita senang menggambar, kita bisa memilih cita-cita yang ada aktifitas menggambarnya, seperti pelukis, arsitek, pengusaha kerajinan (yang kerajinannya menggunakan gambar/lukisan), pembuat komik (animator). Jika kita senang mengamati sesuatu dan senang membaca ataupun menulis, kita bisa menjadi penulis, ilmuwan, wartawan, dan lain-lain. Cita-cita juga bisa timbul karena kita kagum atas profesi seseorang. Misalnya, karena sewaktu kita sakit keras dokter yang mengobati, maka kitapun kagum lalu ingin menjadi dokter. Atau ketika dijalan kita tidak bisa menyebrang, lalu dibantu oleh bapak polisi, maka kita ingin menjadi polisi. Dan lain sebagainya. Banyak profesi/pekerjaan yang ada dilingkungan kita, diantaranya :

1. Dokter. 
 Ini adalah profesi yang paling diinginkan orang tua kita. Karena menjadi dokter itu adalah tugas yang sangat mulia.  Dengan keahliannya (atas izin Allah SWT), bisa menyembuhkan orang sakit, sehingga para orang tua berharap kalau anaknya menjadi dokter dapat merawat mereka dengan baik jika mereka sudah tua nanti. Katanya sih, kalau jadi dokter, kita bisa mudah mencari uang dan juga dapat berhemat jika ada keluarga yang sakit tidak perlu berobat ke tempat lain.
Dokter adalah pekerjaan yang mulia. Dokter sangat dibutuhkan di mana saja. Karena disetiap tempat, pasti ada orang yang sakit. Kalau kita mau menjadi dokter kita harus belajar dengan baik, sabar  dan disiplin. Karena ilmu pengobatan itu sangat banyak untuk dipelajari. Kalau kita memang senang dan bercita-cita menjadi dokter, insya-Allah sesulit apapun pelajaran yang kita terima, kita akan berusaha untuk belajar.

2. Guru
Guru adalah Profesi yang sangat Mulia. Pepatah mengatakan Guru adalah “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Mengapa begitu ? karena dari pengajaran para Guru lahir tenaga-tenaga ahli maupun profesi. Bahkan seorang presidenpun dulunya diajar oleh guru.
Aku sendiri bercita-cita menjadi seorang guru. Karena aku sangat kagum dengan bapak dan ibu guru disekolahku yang dengan sabar dan penuh kasih sayang mengajari anak-anak. Padahal seringkali kami anak-anak nakal dan membuat keributan dikelas. Buatku sorang Guru itu adalah pembimbing dan pembuka jendela ilmu dari buku.

2. Pilot

Menjadi pilot sepertnya mengasyikkan, bisa terbang dan melancong ke mana-mana. Kita bisa berada diantara awan seperti terbang. Bepergian dan mengenal banyak tempat di berbagai Negara di seluruh dunia. Tetapi seorang pilot mempunyai tugas yang berat, karena harus bertanggung jawab atas penerbangan dan keselamatan para penumpang kapal.

3. Astronot

 
Kita sering mendengar istilah penjelajahan langit ataupun peluncuran roket. Biasanya diiringi oleh manusia didalamnya, itulah astronot. Astronot adalah angkasawan yang dikirimkan ke luar angkasa untuk suatu tugas tertentu. Kita bisa membayangkan jika kita berada diantara bintang-bintang dilangit sana. Waaaaah..indahnya.
 4. Pengacara
Ini adalah profesi dibidang hukum. Tugas pengacara adalah membela yang benar di atas lapangan keadilan. Berjuang mengumpulkan bukti dan membela klien tak bersalah, dan menegakkan keadilan bagi yang “benar”.

5. Presiden
Jangan tertawa dulu, tapi banyak juga loh anak-anak yang ingin jadi  presiden. 

Mereka merasa kagum melihat sosok Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang memimpin negeri ini. Sosok yang sangat gagah dan bijaksana memimpin Negara Indonesia tercinta. Syarat mutlak yang harus dimiliki seorang anak jika ingin jadi presiden adalah harus memiliki jiwa kepemimpinan sejak sekarang. Jika kita sudah belajar menjadi pemimpin yang “ baik, berani, bijaksana” sejak kecil, siapa tahu kita suatu saat memiliki kesempatan untuk menjadi presiden.Ya khan ??

6. Artis
Ini adalah profesi yang banyak diinginkan anak-anak zaman sekarang, terutama anak perempuan. Tampil di TV, majalah ataupun Koran. Dan sekarang banayak juga di INTERNET. Menjadi artis juga perlu keahlian khusus. Misalnya, pemain sinetron /film, maka harus bisa berakting dengan  baik. Menjadi penyanyi, harus berlatih dengan baik. Jika ingin menjadi artis harus memiliki mental yang baik. Tidak sombong, tidak hura-hura, tidak meremehkan orang lain.

7. Atlet

Kita sering melihat teman-teman kita menyukai olah raga tertentu. Kalau mereka sangat suka, mereka bisa menjadi ahli dan bahkan menjadi atlet. Kalau sudah menjadi atlet, maka latihan rutin adalah tugas utama kita. Karena dengan berlatih rutin, maka keahlian kita dalam bidang olah raga yang kita jalani akan menjadi baik/mahir. Dan kalau kita sudah mahir, kita bisa mengharumkan nama bangsa dengan keahlian kita melaltui prestasi.


9. Polisi
Profesi yang satu ini biasanya disukai oleh anak laki-laki. Tugasnya adalah menangkap penjahat, membekuk dan menjebloskan penjahat ke dalam penjara ?. Dengan adanya polisi, lingkungan kita akan aman. Polisi juga pelindung buat anak-anak, terutama saat berada di jalan raya. Polisi membantu menyebrangkan jalan dan mengawasi anak-anak supaya aman dari intaian penculikan anak yang saat ini sering terjadi.

10. Pelaut
Pernah menonton film kartun Popeye si pelaut ? itu hanya gambaran kartun kehidupan pelaut. Negara kita ini dikelilingi oleh lautan. Bahkan antara wilayahnya terpisah satu sama lain oleh lautan. Menjadi pelaut merupakan salah satu pilihan yang tepat. Kita bisa melayari laut Indonesia yang luas dan bahkan ke luar negeri. 


11. Ahli Komputer
Kalau ini, sedang menjadi favorit saat ini. Ahli computer bisa bermacam-macam, ada ahli hardware (alat/perangkat keras) maupun software (perangkat lunak/program). Diantara profesi yang berkatitan dengan ahli computer diantaranya, teknik kompuer, programmer, animator (computer), dan lain-lain.
12. Pengusaha/Wiraswasta
Yaitu orang yang nenjalankan suatu bidang usahanya sendiri. Pengusaha itu jika skala usahanya sudah besar dan memilki banyak karyawan. Sedangkan wiraswasta, skalanya kecil saja. Keduanya sama-sama mengendalikan bidang usahanya sendiri atau tidak bekerja pada pihak lain. Jadi istilahnya, kita jadi Bos, gitu loh. Bidang usahanya macam-macam. Salah satu contoh wiraswasta adalah: percetakan/sablon, toko-toko kelontongan , dll
13. Ahli Masak
Kalau kita diajak ke sebuah toko kue ataupun restoran, kita sering penasaran dengan makanan yang dibuat begitu lezat. Kalau kita penasaran, kita bisa belajar pada ahliya yaitu koki. Kalau kita senang dengan kue, kita juga bisa belajar menjadi ahli bikin kue dan membuka toko kue.

 14. Ilmuwan
Kita pernah mendengar ada penemuan tentang sesuatu, misalnya penemuan bakteri, atau penemuan vitamin pada pohon. Nah, itu semua adalah kerja keras seorang ilmuwan, yaitu orang-orang yang mendalami suatu bidang tertentu secara lebih dalam, sehingga menjadi ahli dibidangnya. 
  

15. Pegawai Bank
Kita pasti pernah ikut orang tua kita ataupun orang lain ke bank, yaitu tempat penyimpanan uang. Kita akan terkagum-kagum dengan para pegawai bank yang dengan sigap dan teliti menghitung uang. Bahkan kadang-kadang jumlahnya buuaanyyaaaak sekali. Dalam berbagai pecahan lagi. Semua itu perlu pelatihan khusus.
 
Masih banyak lagi profesi disekitar kita yang tidak bisa aku tuliskan satu per satu. Misalnya, montir, supir, pedagang, petugas kebersihan, pemadam kebakaran dan maaasih banyak lagi. Ayo sama-sama kita cari tahu yaaa...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar